EDUKASI TENTANG PENYAKIT ASAM URAT PADA LANJUT USIA DI DESA CANDISARI KECAMATAN PURWODADI
PDF

Keywords

Asam Urat
Lanjut Usia
Edukasi

How to Cite

Suryani, Fitriani, & Nurulistywan. (2021). EDUKASI TENTANG PENYAKIT ASAM URAT PADA LANJUT USIA DI DESA CANDISARI KECAMATAN PURWODADI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Negeriku, 1(01), 40–44. Retrieved from https://www.cahayanegeriku.org/index.php/jpkm/article/view/33

Abstract

Latar Belakang : Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Tujuan : Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang penyakit asam urat dan penatalaksaan dengan terapi non farmokologis.

Metode : Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan melaksanakan pendidikan Kesehatan tentang asam urat dan cara penatalaksaannya.

Hasil : Keberhasilan program pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dapat dilihat dengan tolok ukur sebagai berikut  85% peserta hadir dalam kegiatan penyuluhan, Media dan alat tersedia sesuai dengan perencaan, Peran dan fungsi masing – masing sesuai dengan yang direncanakan dan masyarakat paham akan asam urat dan penatalaksanaannya.

Simpulan

 : terdapat peningkatan pemahaman masyarakat khususnya lansia dalam penatalaksanaan asam Urat

PDF