Penerapan Yoga Kids di Rumah Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak
Full Text

Keywords

Yoga Kids
Stimulasi Tumbuh Kembang

How to Cite

Fit Ari Shanti, E., Tri Sunarsih , T. S., Wahyunia Utami, N. ., & Puji Astuti, E. (2023). Penerapan Yoga Kids di Rumah Dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Negeriku, 2(02), 19–24. Retrieved from https://www.cahayanegeriku.org/index.php/jpkm/article/view/41

Abstract

Pengetahuan orang tua tentang tumbuh kembang anak sangatlah penting. Orang tua harus dibekali pengetahuan tentang stimulasi untuk tumbuh kembang anak agar pertumbuhan anak dapat berkembang sesuai dengan usianya. Latihan yoga tidak hanya berdampak positif bagi fisik, tetapi juga bermanfaat bagi psikologi anak. Kegiatan ini bertujuan agar  ibu yang mempunyai anak umur 3-5 tahun mendapatkan pengetahuan tentang yoga anak, manfaat serta cara melakukan yoga di rumah untuk membantu menstimulasi tumbuh kembang anak..

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Tahap persiapan meliputi pengurusan izin, koordinasi dengan kader posyandu, studi pendahuluan, pendataan ibu yang memiliki balita dan persiapan materi penyuluhan. Tahap pelaksanaan kegiatan adalah memberikan materi/penyuluhan tentang stimulasi tumbuh kembang anak, materi tentang yoga kids serta mempraktikan bagaimana gerakan serta cara melakukan yoga kids di rumah. Tahap pelaporan adalah pembuatan hasil dari pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan.

Kegiatan ini dinilai berhasil karena mayoritas ibu mengalami peningkatan pengetahuan setelah penyuluhan yaitu prestest pengetahuan baik  25,0% dan posttest menjadi 58,8%. Kesimpulan terjadi peningkatan pengetahuan, serta ibu dan anak bisa mengulang gerakan yoga untuk memberikan stimulasi pada anak.

Full Text